Wisata ke Prigen

by - April 18, 2017

Libur Nyepi merupakan libur yang lumayan lama jika tinggal di Bali. Tahun ini (2017) karena saya tidak kunjung lulus dari program magister (Segera deh lulusnya ! Finger cross) dan kesibukan suami yang lumayan padat, maka kami memutuskan untuk travelling yang dekat - dekat saja guna menghabiskan waktu liburan yang hampir satu minggu.

Pilihan kami. Hmmm..! Lebih tepatnya sih pilihan suami ! Jatuh pada Prigen. Area di lereng gunung Arjuna di Jawa Timur. Awalnya saya mengernyitkan dahi. Ke Prigen ? Mau ngapain dan ada apa di sana? Buat informasi, Prigen merupakan kecamatan di Kabupaten Pasuran Jawa Timur. Namanya saja kecamatan, maka wilayahnya hanya seluas 121.90 km2 (source : Wikipedia). Namun ternyata, di wilayah yang kecil ini, terdapat Taman Safari Indonesia II, dua air terjun, dikelilingi perbukitan dan diapit dua gunung yaitu Gunung Arjuna dan Gunung Wellirang. Nah...! Rupanya hasrat untuk mendaki gunung inilah, yang membuat suami mengajukan ide untuk pergi ke sana. Udara di Prigen sejuk dengan kecenderungan curah hujan yang tinggi. Maka sedia payung sebelum hujan sebelum pergi kesana ya.

Kami berangkat dari Ngurah Rai Airport menuju Juanda Airport. Dari Surabaya, kami menuju Prigen dengan menempuh perjalanan darat memakai mobil . Waktu itu, mobil sudah tersedia karena kebetulan memiliki sepupu di Surabaya yang baik hati dan tidak sombong, dan yang paling penting rela mobilnya dipakai berhari-hari , namun saya rasa, banyak juga jasa rental mobil jika memang ingin menggunakannya. Dari Surabaya jarak tempuh tidak terlalu jauh, kurang lebih 2 jam dalam kondisi sedikit macet.

Akomodasi 

Banyak villa dan hotel di Prigen . Dari yang ratenya bintang lima sampai unrated. Bisa dipesan lewat situs online . Hanya sebaiknya ekspetasi tidak terlalu tinggi. Alias jangan membayangkan service serta makanan layaknya hotel di kota besar. Hotel yang kami tempati ternyata milik perusahaan rokok terkenal di Indonesia yang berada di Kediri. Itu jelas terlihat dari nama hotel yang sama dengan nama produknya. Hotel tersebut termasuk hotel paling besar di wilayah Prigen. Kamarnya sih bersih dan luas, makanannya dari segi rasa cukup enak, cocok dengan lidah kami, hanya macamnya sangat terbatas. Di depan hotel jika malam hari, banyak warung kaki lima dengan  makanan ala street foods seperti bakso, sate , jagung bakar, susu murni dan sejenisnya. Kami sempat mengudap di sana. Seru juga ! Apalagi saat itu, gerimis turun kemudian reda. Disaat reda maka udara menjadi sangat sejuk serta muncul banyak kunang-kunang. Ini merupakan kali pertama bagi anak-anak melihat kunang kunang secara nyata ☺☺

Tempat Wisata

1. Taman Safari Indonesia II

Taman Safari adalah alasan utama mengapa saya akhirnya antusias berangkat ke Prigen. Anak-anak sudah pernah ke Taman Safari 1 di Cisarua Bogor, serta Taman Safari III yang ada di Bali maka seru juga melengkapi koleksi wisata keluarga ke Taman Safari Indonesia. Taman Safari Prigen (TSP) bisa diakses dengan mobil pribadi maupun kendaraan dari TSP sendiri. Tiket masuk perorang 135 ribu untuk paket yang paling lengkap atau disebut dengan tiket gajah. Dengan paket ini, pengunjung bisa bermain di semua wahana serta menyaksikan semua atraksi yang ada di dalamnya. Tiket masuk sendiri dibedakan menjadi 3, yang paling murah tiket Rusa dengan nominal 100 ribu , diatasnya tiket Badak sebesar 120 ribu semua harga yang disebutkan merupakan harga pada weekend days. Pembeda dari semua jenis tersebut tentu saja fasilitas yang bisa diakses di dalam.

Koleksi satwa di TSP tidak jauh beda dengan yang ada di Bali. Jika dibandingkan dengan ketiga Taman Safari, maka Taman Safari I yang berada di Cisarua memang yang paling lengkap. Namun yang berkesan adalah habitat para hewan yang berada di hutan asli yang ditata sangat cantik oleh pengelola TSP.
gbr.1 : Hutan yang asri. Cantikkan ?



Selain itu, atraksi - atraksi di sana tidak beda jauh dengan yang ada di TS Bali serta TS Cisarua. Ada atraksi burung, atraksi singa dan atraksi satwa air. Yang menarik adalah atraksi Temple of Teror. Atraksi ini dibedakan sangat atraktif dan profesional. Memakai bahan peledak serta api yang besar sebagai efek. Lokasi panggung juga sengaja dipilih dengan waterfall serta gunung sebagai viewnya. Sayang, atraksi tersebut tidak boleh didokumentasikan. Para petugas sangat ketat mengawasi pemakaian kamera. Sangat bisa dipahami sih, supaya kejutan dan drama dalam pentas ini tidak tersebar dimana mana sehingga tidak menjadi spesial lagi. Temple of Teror bisa disejajarkan dengan Bali Agung di TS Bali. Hanya Bali Agung diharuskan membayar tiket di luar karcis masuk dengan nominal yang lumayan mahal.


gbr 2: Lil' A berpose di depan stage The Tample of Teror.



2. Lokasi Wisata

Untuk wilayah yang tidak terlalu luas. Prigen memiliki banyak tempat wisata. Baik tempat wisata alam maupun wisata kuliner. Wisata alam diantaranya air terjun. Ada tiga air terjun yang berada di sana yaitu air terjun Putuk Truno, air terjun Kakek Bodo serta air terjun Granjangan Ledug. Masing-masing memiliki mitos dan legenda yang menarik juga untuk didengarkan. Waktu itu, kami hanya mengunjungi air terjun Putuk Truno. Untuk mencapai air terjun tersebut, diharuskan mendaki bukit kecil yang berjarak kurang lebih 500 m. Tapi tenang, banyak tempat untuk beristirahat yang siap menjajakan makanan kecil hingga bakso dan minuman - minuman pelepas dahaga. Sebaiknya menyiapkan beberapa baju ganti karena akan basah kena percikan air serta repellant guna melindungi dari gigitan nyamuk.
gbr3. photo keluarga di depan air terjun. Napas ngos-ngosan juga waktu itu.


Selain beberapa air terjun, juga terdapat flying fox sebagai alternatif wisata alam. Letaknya di Tretes, namun jangan khawatir, karena Prigen dan Tretes letaknya sangat dekat. Area flying fox sangat luas. Sayang, waktu kami kesana hujan sedang turun sangat deras sehingga hanya sebentar bisa bermain.

Di Prigen juga terdapat candi yang bernama Candi Jawi. Walaupun tidak besar, namun objek ini sangat bagus diperkenalkan sebagai sejarah perabadan Indonesia kepada anak. Satu hal yang menarik, candi tersebut sangat dekat dengan tempat wisata kuliner ayam goreng yang sangat terkenal dan ramai di kunjungi wisatawan. Sayang sekali untuk dilewatkan bukan ? ☺



You May Also Like

0 komentar

Laman