Liburan Hemat Bersama Anak ke Hong Kong, ke tempat ini saja yuks?

by - Mei 24, 2017

Hongkong for everyone. Kalimat pendek tersebut saya baca di brosur wisata sesampainya di HK International Airport. Ada yang sependapat? Ya...! Hongkong menawarkan destinasi-destinasi menarik untuk wisata keluarga. Di Hongkong, orang tua bisa memuaskan hasrat berbelanja sekaligus mengajak anak-anak bermain di theme park. Ingin wisata kuliner juga bisa terpenuhi. Tiket pesawat juga tidak semahal ke Jepang atau Korea. Mau berangkat dengan menggunakan tour wisata? Banyak travel agent menawarkan paket tour dengan harga terjangkau. Ya ! Hongkong memang untuk semua. Kali ini saya ingin sharing 4 destinasi wisata yang cocok saat mengajak anak-anak dan bagaimana cara mencapainya.



1. Hong kong Science Museum

Jika anda berpikir museum di sini hanya melihat hal-hal yang membosankan, yang dipajang di dalam partikel kaca, maka siap-siap untuk terkejut deh. Hk Science museum berisikan lebih dari 70 persen pameran yang mengagumkan tentang ilmu pengetahuan. Kita juga bisa bermain dengan papan peraga yang sangat atraktif, termasuk berinteraksi dengan robot, virtual reality hingga anatomi tubuh.

Anak-anak bahkan orang tua bisa belajar bagaimana sistem antariksa lengkap dengan galaksi dan tata surya hingga alat alat rumah tangga seperti vacuum cleaner yang biasa kita gunakan sehari-hari. Semua dijabarkan dengan cara yang sangat sederhana dan dibuat dengan niat sekali. Maksudnya niat disini, pihak museum sampai membuat miniatur yang sangat menyerupai asli dan mengajak pengunjung menelaah bagaimana cara kerjanya.

Buat anak-anak yang pra sekolah juga sangat happy di tempat ini. Dimana disediakan ruangan khusus yang berisi lego, puzzle dan robot-robot lucu yang bisa bernyanyi dan berdansa dengan lagu-lagu nursery rhyme yang populer.

gbr,1 Little C dan virtual reality tentang handphone.
Hk Science museum terletak di daerah Kowloon tepatnya di Tsim Sha Tsui East. Distrik ini merupakan distrik destinasi wisata karena penuh dengan area perbelanjaan sekaligus kuliner. Oiya, Hk Science Museum terletak berdekatan dengan Trick Eye Museum alias museum tiga dimensi yang memuaskan naluri berfoto dengan trik-trik yang menarik. Untuk menuju ke sana, anda bisa mengambil subway yang menuju MTR Tsim Sha Shui dan keluar dari Exit B2 kemudian berjalan kaki sebentar di sepanjang Cameron Road arah ke timur. Berikut alamat lengkap yang bisa dipergunakan di dalam GPS atau Google Map. 

2 Science Museum Road , Tsim Sha Tsui East Kowloon.

gbr. 2. Little A dibantu  ayahnya asyik melakukan eksperimen.

Tiket masuk museum ini cukup murah. Mengingat Hk termasuk negara dengan biaya hidup yang tinggi namun pemerintah di sana justru memberikan fasilitas tiket murah bahkan gratis terkait dengan fasilitas-fasilitas penunjang intelektual warga negaranya. Hebatnya lagi fasilitas pendidikan juga dibangun dengan sangat serius sehingga tidak bosan untuk sering dikunjungi. Ahhh..! Saya agak iri mengingat di tanah air belum seperti itu, namun tetap berharap suatu saat Indonesia bisa mengejar. Wah ! Tulisan jadi sedikit melenceng karena saya tadi akan berbicara mengenai tiket masuk bukan? 😊

 Berikut tiket masuk museum tersebut :

Tiket Standard : $ HK 20 (Kira-kira 22 ribu untuk kurs 1 $ HK = Rp 1.100)
Tiket Concenssionary (pengunjung difabel atau lanjut usia) : $ HK 10
Free / gratis : untuk anak-anak di bawah 4 tahun, pengunjung yang datang di hari Rabu dan tentu saja bagi semua pemegang kartu pelajar Hongkong.

Terjangkau kan? Tidak berlebihan apabila Hk science museum saya masukkan sebagai salah satu destinasi wisata yang ramah bagi anak di Hk.

2. Hk Park & Zoological Botanical

Ini merupakan kebun binatang sekaligus kebun raya terbesar dan tertua di Hk. Dibangun pada tahun 1860 dan berada pada kawasan seluas 5,6 hektar. Tempat ini terintegrasi dengan pedestrian yang asri dan bersih, sangat nyaman berjalan kaki di sini. Warga lokal menyebut Hk park & zoological dengan sebutan Bing Tau Fa Yuen. Saya juga baru tahu ketika sopir taksi memberi tahu nama versi Cantonnese tersebut.


Hk Park & Zoological Botanical saya masukkan sebagai destinasi yang ramah untuk dikunjungi anak-anak di Hk karena memiliki koleksi satwa seperti burung Flamingo, harimau, Hawaiian goose dan banyak koleksi satwa lainnya. Semua itu terletak di sisi timur dan barat. Sisi timur disebut juga Old Garden. Terdapat juga playground, fountain teracce garden serta green house. Wahhh..! Anak saya puas sekali bermain berlarian ke sana kemari sewaktu di Old Garden.

Keunikan Zoologi dan Kebun Raya Hong Kong tidak hanya terletak pada spesies hewan dan tumbuhan yang melimpah, tetapi juga karena fungsi pendidikan multipleksnya. Ini adalah taman yang menyediakan berbagai macam pengajaran zoologi dan botani bagi pengunjung. Melalui kegiatan belajar di luar ruangan, label penjelasan yang komplit, program konservasi dan penelitian yang dibuat pemerintah China.

Hong Kong Zoological and Botanical Gardens memberikan pengetahuan mendalam tentang hewan, tumbuhan dan lingkungan alam untuk masyarakat. Jika Anda pergi ke sana, maka tidak hanya akan memiliki pemahaman dan penghargaan yang lebih baik untuk makhluk hidup itu sendiri, tetapi juga Anda memiliki kesempatan untuk memahami koeksistensi antara makhluk hidup dan alam secara nyata. Sebetulnya Indonesia juga punya yang sejenis seperti Taman Safari Indonesia. Bedanya HK Park & Zoological Botanical berada tepat di jantung kota bisnis Hk.

Image result for Hong kong Park & Zoological Botanical
gbr.3. Tepat di jantung kota Hong Kong



Untuk menuju ke sana, Anda bisa mengambil rute bus No. 3B. atau nomer 12 yang langsung menuju stasiun HK Zoological and Botanical Gardens atau bisa juga dengan MRT menuju Central Station, atau langsung bisa naik taxi. Butuh berjalan kaki memuju pintu masuknya setelah turun dari bis atau MRT stasiun. Hitung-hitung olah raga. Berikut alamat lengkapnya sebagai panduan untuk GPS: Hongkong Park & Zoological Botanical; Albany Road, Mid Levels, Hong kong Island.

Sebelumnya saya sudah pernah menulis betapa tingginya komitmen pemerintah China terhadap pendidikan warga negaranya. Tiket masuk kebun raya ini pun dibandrol FREE alias gratis bagi setiap pengunjung yang datang. Maka tidak berlebihan apabila tempat ini saya masukkan sebagai salah satu destinasi wisata yang ramah bagi anak di Hong kong. Tidak jauh dari kebun raya tersebut terdapat gereja Katolik Katedral, sayang waktu itu bukan hari minggu sehingga kami tidak bisa merasakan pengalaman beribadah di Hk

Related image
gbr.4 . Rombongan anak sekolah sedang mengamati koleksi unggas


Jangan lupa ya untuk memperhatikan jadwal masuk ke tempat ini karena setiap tempat berbeda waktu bukanya. Berikut jadwalnya pada tahun 2016 semoga belum berubah :

Fountain Terrace Garden buka pukul 5:00-22:00
Green House/ Education and Exhibition Centre buka pukul 9:00-16:30
Area yang lain buka pukul 6:00-19:00



3. Avenue of Star & Symphony of Light

gbr. 5 , Jalan sore sebelum menuju Avenue Star sesudah "mabuk" kopi.

Destinasi wisata yang ramah bagi anak di Hong kong selanjutnya adalah Avenue of star dan pertunjukkan Symphony of light. Saat kami menonton pertunjukkan ini sebetulnya saya sedang dizzy alias pusing dan mual akibat minum kopi. Haa..? Minum kopi bisa pusing? Iyaa, saya adalah orang yang alergi dengan kopi sementara suami adalah pecandu kopi. Sebelum pertunjukkan ini kami sekeluarga tea time di area Avenue Star. Sebetulnya saya memesan teh tarik namun entah kenapa yang keluar capucino. Pelayan hanya meminta maaf dan terlihat bingung saat saya mencoba melakukan komplain. Ya sudahlah akhirnya karena sayang kalau tidak diminum, maka minuman tersebut saya habiskan dan akhirnya sukses membuat kepala berputar putar. Walaupun kepala pening dan sedikit mual namun Avenue of star tempat kami akan menyaksikan atraksi symphony of light tetap menghibur saya. Ada apa di Avenue of Star ? 

Terletak di kawasan pejalan kaki Tsim Sha Tsui tepat di tepi Victoria Harbour, Avenue of Stars adalah jalan setapak yang didedikasikan untuk industri film bintang Hong Kong. Ini adalah tempat yang sangat populer di kalangan wisatawan. Di sini Anda bisa melihat sidik jari selebriti, toko-toko dengan oleh-oleh, patung bertema film dan patung besar Bruce Lee berukuran penuh. 

Avenue of Stars juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari Pelabuhan Victoria dan Pulau Hong Kong dengan berbagai gedung pencakar langitnya. Setiap malam di kawasan pejalan kaki Tsim Sha Tsui, turis dan penduduk datang ke sini untuk menonton pertunjukan bernama "A Symphony of Lights" yang diadakan setiap malam pukul 20:00.
Related image
gbr.5. Kawasan Avenue of Star

Sebetulnya untuk melihat A Symphony of Light bisa di beberapa tempat selain di Avenue Star, seperti di The waterfront promenade di kawasan Wan Chai Golden Bauhinia Square dan di Victoria Harbour cruise ship . Symphony of Lights sendiri adalah lampu laser dan pertunjukan musik yang terkenal di Hong Kong.

Hal ini dipresentasikan oleh Komisi Pariwisata Hong Kong dengan mengorganisir 44 gedung pencakar langit dan landmark yang berada di sisi Victoria Harbour. Melalui pertunjukan pencahayaan dan musik interaktif, pertunjukan ini menunjukkan semangat dan pemandangan malam yang glamor di kota ini. Komisi Pariwisata setempat memprakarsai proyek A Symphony of Lights pada tahun 2004, dan secara formal disertakan dalam "Guinness Book of World Records '' sebagai pertunjukan pencahayaan dan musik terbesar di dunia pada 21 November 2005. Demikian menurut brosur pariwisata yang saya baca.

Pemandangan malam di sepanjang pantai Victoria Harbour merupakan daya tarik yang terkenal. Pulau Hong Kong dan Semenanjung Kowloon penuh dengan bangunan bertingkat sehingga pada malam hari, lampu menyala begitu megah dan indah disekitar pelabuhan. Ini adalah salah satu dari tiga pemandangan terbaik di dunia bersama dengan Hakodate, Jepang, dan Naples, Italia.

Pada beberapa hari istimewa, seperti beberapa hari libur, Hong Kong Tourism Board dapat mengatur acara kembang api bersama dengan A Symphony of Lights. Kami juga beruntung kala itu, karena bertepatan dengan summer holiday maka kami pun bisa menyaksikan kembang api bersamaan dengan pertunjukkan laser. Tidak terasa pusing dan mual saya pun hilang, apalagi melihat Little A dan Little C takjub dan bahagia menyaksikan atraksi yang meriah tersebut.

Bagaimana menuju kesana ?

1. Avenue Star :
Apabila ingin menyaksikan dari kawasan Avenue Star seperti kami, maka bisa mengambil  MTR West Rail Line ke Stasiun Tsim Sha Tsui Timur dan keluar dari Exit L6. Kemudian ikuti rambu ke Avenue of Stars dan Tsim Sha Tsui Waterfront.

2. Golden Bauhinia Square:
Bisa juga melihat pertunjukkan dari sini. Memang kami belum pernah mencobanya, namun info kami dapatkan dari petugas di apartement. Ambil MTR Island Line ke Wan Chai Station dan keluar dari Exit A5.

Berjalanlah melintasi jembatan penyeberangan, berjalanlah ke timur dan lewati lobi Central Plaza, terus berjalan melintasi jalan setapak yang menghubungkan, lalu turun ke permukaan tanah. Berjalanlah menuju tepi laut, dan Anda bisa melihat patung bauhinia perunggu dan monumen di sebelah kiri. Hanya sekitar 15 menit berjalan kaki.

Jangan lupa ya, waktu pertunjukkan laser tepat pukul 8.00 malam. Jadi datang paling tidak setengah jam lebih awal untuk menemukan spot yang bagus. Tidak ada biaya untuk melihat pertunjukkan ini kecuali pengeluaran untuk transport atau keperluan pribadi lainnya.

4. Cable Car Ngong Ping 360 di Lantau Island
Kami mencoba cable car di Lantau Island dengan pertimbangan beberapa hari akan menuju Disneyland yang jaraknya lebih dekat daripada dari Hong Kong Island. Sekaligus penasaran bagaimana rasanya naik cable car yang panjangnya mencapai 5.7 Km. Wow..! Memang panjang sekali. Bandingkan dengan cable car di Genting Highland yang hanya 3.38 Km.

Kami memesan tiket melalui internet untuk menghindari repotnya mesti mencari-cari tiket lagi sesampainya di sana. Untuk naik Ngong Ping 360 cable car  di mulai dari terminal Tung Cung Cable Car dan berakhir di desa Ngong Ping.

Awalnya suami tertarik dengan cable car yang berlantai kaca namun Little A protes dan mulai panik karena takut saat melihat ke bawah. Akhirnya kami memilih cable car yang berlantai tidak tembus pandang. Awal dari adventure dimulai dengan melihat lautan, kemudian berganti hutan dan perbukitan dan berganti kembali dengan bangunan-bangunan pencakar langit. Begitu terus silih berganti hingga akhir.



Image result for Cable car Ngong Ping 360 shaolin
gbr. 6. Cable car yang rutenya ngeri-ngeri sedap.
Sejujurnya ngeri-ngeri sedap juga menaiki cable car ini. Takut kabel putus dan terjatuh, namun karena pemandangan memukau, perasaan tersebut lama kelamaan terlupakan. Malah Little C tertidur pulas di tengah-tengah perjalanan. Setelah kira-kira 30 menit, kami akhirnya sampai ke terminal desa Ngong Ping. Di areal tersebut terdapat patung Big Budha, hanya kita perlu berjalan kaki kira-kira 10 menit. 

Saat kami sampai di desa tersebut, gerimis mulai turun namun jangan khawatir banyak disediakan fasilitas payung gratis yang tidak perlu dikembalikan apabila ingin berjalan-jalan menembus hujan. Kami juga menyaksikan pertunjukkan Shaolin pada saat itu.

Image result for Cable car Ngong Ping 360 shaolin
gbr.7 . Pertunjukkan Shaolin di Desa Ngong Ping
Berapa tiket untuk menuju ke sana dan menaiki cable car? Berdasarkan tour lokal yang kami pesan tiket masuknya sebesar $ HK 278 untuk tiket dewasa dan $ HK 125 untuk tiket anak-anak.

Demikian 4 Destinasi wisata yang ramah bagi anak-anak dan bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Kenapa Disneyland tidak masuk di list ini? Untuk Disneyland akan saya ulas secara khusus karena kesannya begitu mendalam bagi kami. Ditunggu yaaa...😉




You May Also Like

0 komentar

Laman