Korea Trip The Series : Istana Kerajaan Era Joseon di Seoul

by - Mei 09, 2017



Pada tulisan kali ini. Saya akan menyajikan daftar beserta ulasannya, apa saja sih istana bersejarah pada era Joseon yang pernah saya kunjungi dalam Korea trip. Semua berlokasi di Seoul.

1. Gyeongbokgung Palace

Gyeongbokgung Palace merupakan istana peninggalan era Joseon yang pertama saya ulas. Berdasarkan keterangan pada brosur wisata yang disediakan secara free, istana ini merupakan istana tertua dan yang paling besar dari kelima istana utama yang dibangun di Seoul. Dibangun pada tahun 1935 dan juga dikenal sebagai istana utara atau the Northern Palace karena lokasinya berada paling utara Seoul.

Gyeongbokgung Palace pernah dihancurkan ketika perang Imjin saat Jepang menginvasi Korea pada tahun 1592-1598. Setelah perang berakhir pemerintah Korea membangun kembali yang dimulai pada tahun 1989.

Bagaimana pengalaman mengunjungi istana tersebut? Saya juga pernah mengulasnya di sini.

Seperti yang tertulis di atas, Jepang yang kala itu menjajah Korea telah menghancurkan banyak bangunan-bangunan dalam istana, dan hanya menyisakan 10 bangunan utama. Di depan ruang tahta kaisar tetap dipertahankan, untuk dijadikan sebagai bangunan pemerintahan Jepang. 

Bangunan utama istana terdiri dari Geungjeonjeon, ruangan tahta raja, serta pavilliun Gyeonghoeru. Pavilliun Gyeonghoeru sangat memukau karena dibangun di atas pulau buatan di tengah kolam yang berisikan teratai .

Image result for paviliun gyeonghoeru in autumn
gbr.1 Paviliun Gyeonghoeru
How To go there :

Via Subway

Dari Seoul station : subway line 3 exit 5 menuju Gyeongbokgung station 
atau line 3 exit 1 arah Hanguk station.

Via bis 
Naik bis dengan nomor 1020, 7025, 109, 171, 172, 601, atau 606 dan turun di halte Gyeongbokgung Palace. Atau juga bisa via bis no. 11 dan turun di halte national Folk Museum

Jam Operasional :

Buka pukul 9.00 - 18.00 (pada bulan Oktober).
Sebagai tambahan, jam tutup dari palace ini berbeda untuk setiap bulan tergantung musim. Saat musim dingin akan tutup lebih awal. Gyeongbokgung Palace tutup setiap hari Selasa.

Tiket Masuk 

Tiket masuk dibedakan antara warga negara Korea dengan turis asing. Ternayata sama dengan di negara kita ya. Berikut harga tiket masuk yang berlaku untuk turis :

Dewasa (umur 25-64) : 3,000 won apabila membeli dalam grup yang beranggotakan 10 orang atau lebih maka lebih murah yaitu 2,400 won.

Anak-anak (umur 7-18 tahun) / 1,500 won  dan 1,200 won untuk group.

Disediakan juga fasilitas gratis untuk tour guide berbahasa Inggris setiap pukul 11.00, 13.30 dan 15.30.


2. Changdeokgung Palace

Istana Changdeokgung Palace merupakan istana yang berada di timur Seoul dan merupakan cagar warisan dunia UNESCO. Istana ini dibangun di antara puncak Makbeong dan gunung Bukaksan . Itulah mengapa bangunan pada istana tersebar serta terkesan tidak beraturan. Hal tersebut untuk menyesuaikan topografi alam, dimana kompleks istana tersebut berdiri.

Halaman depan istana terdapat tonggak-tonggak yang bertuliskan aksara hangul. Mengingatkan saya akan drama bergenre kerajaan, dimana tonggak tersebut diperuntukkan untuk tempat duduk para pejabat tinggi dan tulisan hanggul berisikan nama pejabatnya.

Di dalam kompleks Changdeokgung Palace juga terdapat areal yang ditanami sekitar 26 ribu pepohonan serta Forbidden Garden yang merupakan area private untuk raja. Forbidden Garden juga disebut Biwon oleh penduduk Korea atau Secret Garden yang mengingatkan saya akan dramanya Won Bin. Dalam areal forbidden garden terdapat saluran air kecil berbentuk U dengan puisi yang terukir pada batu besar, di atas saluran air tersebut.

 Berikut info penting yang terkait dengan Changdeokgung Palace

How To go there :

Via Subway
Seoul subway line 3 exit 3 . Setelah keluar dari exit 3 pintu timur ya kemudian berjalan kaki kurang lebih 20 meter .

Via bis
Bisa via bis No.100, 102, 104, 106, 107, 108, 140, 143, 150, 160, 162, 301, 710

Jam Operasional :
Feb-May, Sept-Oct : 09:00-18:00
Jun-Aug : 09:00-18:30
Nov-Jan : 09:00-17:30

Tiket Masuk 
Dewasa : 3,000 Won sedangkan untuk grup 2,400 Won
Anak-anak dan remaja : 1,500 Won

Untuk tiket yang bisa mengakses Secret Garden
Dewasa : 5,000 Won
Anak-anak : 2,500 Won

gbr.2 : Gate Changdeokgung Palace

Image result for secret garden changdeokgung
gbr3. secret garden di bulan Oktober


3. Deoksugung Palace

Deoksugung palace berada di antara perempatan tersibuk di Seoul timur. Berdekatan dengan pusat distrik Myeongdong, serta pintu keluar subway. Istana ini merupakan tempat kediaman dari pangeran Wolsandaegung (1469-1494) yang merupakan kakak tertua dari raja Serongjong. Bagi penggemar drama korea, tentu tidak asing lagi dengan nama Raja ini bukan? Namun karena Jepang telah membakar istana kerajaan maka Deoksugung sempat mejadi istana raja untuk sementara. Setelah Changdeokgung Palace selesai dibangun maka Deoksugung Palace digunakan sebagai istana pelengkap.

Apa saja yang menarik di istana ini? Well..! Begitu masuk kalian akan disambut jembatan dari kayu yang akan mengantarkan ke bangunan central dan taman berhutan di dalam kompleks Deoksugung Palace. Guide mengatakan bahwa raja Serongjeong sering melintasi bahkan merenung di atas jembatan tersebut. 


Jika Changdeokgung Palace memiliki secret garden maka Deoksugung Palace juga memiliki taman yang saking luasnya sehingga menyerupai hutan. Konstruksi bangunan dalam area istana beraneka ragam. Terdapat bangunan dari kayu seperti di istana sebelumnya namun juga terdapat bangunan dari semen bahkan desain barat juga mengambil bagian dalam konstruksi. 

Di dalam kompleks kita juga bisa menemukan MMCA Deoksugung atau National museum of modern art and comtemporary art, yaitu semacam museum seni Korea. 

Hal lain yang menarik adalah upacara pergantian jaga istana. Dimana penjaga istana melakukan seremoni ketika mereka berganti shift. Upacara ini sangat menarik bagi wisatawan bahkan masyarakat Korea sendiri. Dilakukan tepat di depan pintu gerbang masuk.

Upacaranya berlangsung sekitar 15 menit, diawali dengan pasukan penganti yang berbaris keluar dari dalam istana diiringi dengan musik khas negeri gingseng. Kemudian pasukan pengganti dan pasukan sebelumnya melakukan beberapa seremonial yang atraktif.  Perhatikan jadwalnya ya? Karena seremoni ini tidak dilakukan setiap jam melainkan hanya pada waktu tertentu.
Untuk jadwalnya bisa dilihat dalam info di bawah ini : 

How To go there :

Via Subway
Seoul subway line 1, 2 exit 1, 2 atau 3.

Via bis
Green bis No. 1711, 7016, 7022
Blue bis No. 103, 150, 401, 402, 406, 604, N16.



Jam Operasional :

9.00 - 21.00 namun penjualan tiket terakhir pukul 20.00

Tutup setiap hari Senin.



Jadwal Guard Ceremony / Pergantian Jaga :

Pukul 11:00, 14:00, 15:30 dan Tutup setiap hari Senin ya.

Rute : Daehanmun Gate di Deoksugung Palace - Seoul Plaza - Cheonggye Plaza- Gwangtonggyo Bride dan berakhir di Bosingak Bell.


Tiket Masuk 
Dewasa : 1,000 Won sedangkan untuk grup 10 orang atau lebih 800 Won

Anak-anak dan remaja : 500 Won untuk group 10 orang atau lebih 400 Won

Untuk anak - anak di bawah 6 tahun, atau lanjut usia berusia 65 tahun ke atas maka tiket masuk gratis. Bukan kategori keduanya tapi ingin free tiket? Bisa kok, hanya dengan memakai hanbok atau baju adat Korea maka tiket masuk gratis juga berlaku. Sayangnya persewaan Hanbok rata-rata lebih mahal dibandingkan tiket masuk istana.😅


gbr.4 . Gate masuk Deoksugung Palace



gbr.5 . Pose dulu bareng the guard


You May Also Like

4 komentar

  1. Saya pernah kesana musim dingin, memakai baju kimono sampai di foto-foto orang sekitar. Tapi orang korea cukup sopan karena tidak sungkan sungkan mengucapkan selamat menikah. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ya mbak. Pasti menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Salam kenal :)

      Hapus
  2. Paviliun Gyeonghoeru indah banget mbakkk #ngiler dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa..memang indah dan fotogenic. Semoga segera bisa berkunjung dan foto-fotoan di sana ya mbak :)

      Hapus

Laman