Menikmati 10 Kuliner khas Vietnam

by - Juli 07, 2017








Seperti postingan tentang Vietnam sebelumnya. Motivasi terkuat saya traveling ke Vietnam khususnya Ho Chi Minh adalah wisata kulinernya. Ketahuan sekali ya bahwa saya hobby makan 😊. Bukan hanya dari buku tentang kuliner Vietnam, maupun mencicipi langsung makanan Vietnam yang kebetulan beberapa terdapat di Bali, namun godaan terkuat adalah laporan langsung dari suami tercinta. Suami sempat beberapa tahun bekerja  di Petrovietnam yang merupakan perusahaan oil and gas negara tersebut sehingga mengharuskan ia untuk bolak balik Vietnam-Indonesia untuk keperluan tugas. Nah..! Kesannya yang paling mendalam menyangkut kuliner negara tersebut lama-lama membuat saya tergoda untuk mencicipinya secara langsung.Traveling saya ke negara ini memang hanya berpusat di Ho Chi Minh dan beberapa kota kecil di sekitarnya. Ho Chi Minh yang merupakan kota besar di Vietnam sudah sangat mewakili kuliner khas negara ini. Berikut rangkumannya :

Udah gak ada beda dengan penjual aslinya ya 😋

1. Pho

Vietnam yang terkenal ya Pho.nya. Awal kedatangan kami langsung mencicipi Pho di daerah Bui Vien atas rekomendasi sopir hotel. Untuk hari-hari selanjutnya kami seakan tidak bisa lepas dari makanan ini. Pho ini semacam bakso atau soto namun dengan kuah yang lebih bening dan sayuran mentah seperti tauge, daun mint yang dimakan mentah. Kaldu biasa dari sapi, ayam dan babi, Saking banyak penjual pho di Vietnam sampai saya bingung mau merekomendasikan yang mana karena rasa sama enaknya. Jadi ambil patokan secara umum saja ya, begitu ada warung pho yang antreannya mengular pasti enaknya deh.

Pho dengan kaldu babi di daerah Bui Vien


2. Spring Roll Vietnam atau Goi Cuon

Ini semacam lumpia basah yang kulitnya terbuat dari  " kertas "beras (rice paper) yang dikukus. Berisi udang, sayuran segar, bihun. Isian daging biasanya daging ayam atau sapi yang dicincang atau bisa juga seafood seperti udang utuh dan kepiting cincang. Biasanya dicocol dengan bumbu kacang yang berasa asam pedas. Aduh..! Enak banget.

spring roll atau goi cuon di daerah Mekong

3. Bahn Mi

Bahn Mi atau hot dog ala Vietnam. Terbuat dari roti panjang yang di dalamnya terdapat acar sayur, telur, irisan daging atau sosis. Untuk memberi rasa pedas kadang juga diberi saus cabai sama seperti hotdog. Tapi kalau mau tanpa isian juga enak lho. Tekstur rotinya renyah, tawar dan tengahnya berongga. Banyak dijual di pinggir jalan atau pusat keramain. Harganya sekitar 4.000 VND.


Image result for banh mi
Bahn Mi yang sedap dan segar
   
4. Chei Buoi

Kalau Indonesia punya kolak dan burjo maka Vietnam punya kudapan Chei Buoi ini. Terbuat dari buah pomelo dan kacang hijau yang dicampur dengan kuah santan manis. Saya yang begitu tidak menyukai makanan manis meleleh juga dengan cita rasa chei buoi. Rasa santannya tidak terlalu legit. Pertama kali menyantap chei buoi ini saat perjalanan menuju Mekong. Harganya juga murah, berkisar 3500 VND.

Related image
Bubur kacang hijau ala Vietnam atau Chei Buoi

5. Hu Tiu

Mie seperti halnya beras tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Vietnam. Hu Tiu merupakan mie goreng yang berisikan daging babi atau ayam dengan sayuran segar di dalamnya. Kaldu yang gurih menjadi pelengkap makanan ini. Hu Tiu banyak ditemukan pada pagi hari dan sepertinya merupakan menu sarapan favorit masyarakat Vietnam. Semangkuk Hu Tiu dihargai 20.000 VND.

Image result for hu tiu
Hu Tiu merupakan menu sarapan favorit di Vietnam.

6. Kopi Vietnam

Saat pagi hari melintasi jalan-jalan di HCM City banyak sekali menemukan aktivitas masyarakat Vietnam ngopi-ngopi dan sarapan mie hingga duduk di trotoar. Vietnam terkenal dengan cita rasa kopinya yang cenderung asam namun membuat ketagihan (kata suami saya yang penggila kopi). Saya sendiri belum pernah mencicipi kopi Vietnam karena memang bukan pecinta kopi dan alergi dengan minuman satu ini. Kopi Vietnam mudah ditemui di setiap tempat makan di sana. Apabila ingin membeli sebagai oleh-oleh bisa mendapatkannya di Banh Tan Market. Kopi yang dijual di Banh Tan merupakan kopi bijian dan langsung digiling di tempat menjadi bubuk. 

Image result for vietnam coffee
Kopi Vietnam dan alat saringnya.
Displaying 2017-07-07 06.04.51 1.jpg
Suasana pagi hari di Vietnam

7. Coconut Vietnam

Sebetulnya kelapa muda Vietnam rasanya sih sama dengan kelapa muda di Indonesia namun bedanya ada pada bentuknya yang lebih kecil dan berkulit lebih cerah. Tapi pengalaman menegak air kelapa muda yang manis dan dingin di teriknya cuaca HCM City merupakan sensasi yang harus dirasakan saat traveling ke sana. Satu buah kelapa muda diharga sekitar 7000 VND.

Image result for coconut vietnam
Kelapa muda Vietnam yang segar

8. Deep fried sticky rice ball atau Xoi Cien Pong 

Ini bukan nasi goreng ya namun merupakan olahan beras khas dari Vietnam yang dimakan dengan ikan dan sayuran lengkap seperti halnya nasi. Keunikan ada pada bentuknya yang bulat dengan dalam yang kosong. Ada yang berukuran besar ada juga yang kecil. Untuk memakannya xoi cien pong biasa digunting menjadi lembaran. Harganya saya kurang tahu secara pasti karena sudah merupakan satu paket dengan sayur dan lauk pauknya. Pengalaman menyantap xoi cien pong ini saya alami saat di Kota Hue.
Wanita Vietnam sedang menyajikan xoi cien pong.
xoi cien pong
9. Xien Que

Jajanan street food yang mudah ditemui di HCM City adalah xien que. Biasa dijual di pinggir jalan dengan pikulan lengkap dengan penggorengan dan "mbok-mbok" penjual yang siap menggoreng pilihan kita. Pembuatannya agak sedikit unik, Kita perlu memilih dulu gorengan dan sayuran yang akan kita makan kemudian penjualnya akan menggoreng kembali gorengan yang telah kita pilih kemudian baru kemudian dibumbui dengan saus dan kecap. Awalnya saya mengira gorengan tersebut berasa seperti mpek-mpek namun ternyata rasanya dominan ketan. Satu porsi dihargai sekitar 15.000 VND.

Image result for xien que
Xien que alias sate ala Vietnam

10. Bahn Trang Tron

Ini sejenis rujak Vietnam yang terdiri dari parutan mangga muda, rice paper, daun mint, kemangi dan daun bawang, serta kacang tanah goreng. Dressing berupa saus ikan, cabai yang pedas serta gula dan entah bumbu khas Vietnam yang pasti rasanya segar dan pedas saat dimakan. Harganya sekitar 10.000 VND



Image result for banh trang tron
Bahn Tran Tron atau rujak ala Vietnam.

Nah itu tadi 10 kuliner yang sempat saya nikmati saat travelling ke Vietnam. Kuliner di negara ini banyak menggunakan sayuran mentah dan segar. Sepertinya masyarakat di sana bangga dengan kualitas sayuran dan berasnya yang memang enak dan segar. Kaldu yang digunakan dominan berasal dari kaldu babi meskipun juga terdapat pilihan kaldu sapi dan ayam. Semua cita rasa kuliner di negara ini memang memang membuat ketagihan.





You May Also Like

1 komentar

Laman