Resensi Film Motivasi tentang Special Need Children

by - Juli 20, 2017

Sudah lama saya tidak memposting tulisan dengan tema psikologi. Bukan berarti tulisan tentang jalan-jalan lebih menarik dibandingkan dengan tema tersebut namun karena porsi tulisan psikologi sudah PUAS (Mesti dengan huruf kapital menulis kata puas 😛) tertuang dalam laporan. Baik laporan praktek maupun laporan untuk klien saya.

Jadi kali ini gak apa-apa ya kalau saya membahas tentang dunia psikologi. Sama seperti tema travel dan motherhood, dunia satu ini juga merupakan passion saya. Namun untuk blog ini, sengaja dipilih tema yang ringan-ringan saja. Untuk yang berat-berat biarlah ditulis dalam berkas laporan dan diskusikan di ruangan konseling hihi. Meski ringan namun tetep dalem dan sarat makna kok. 

Kali ini saya ingin menulis tentang film motivasi bertema anak berkebutuhan khusus yang pernah saya tonton dan membekas di hati. Sarat dengan moral dan nilai. Baik nilai perjuangan si anak tersebut maupun perjuangan keluarganya. Beberapa merupakan kisah nyata. Yuks, kita lihat bareng yuks. Jangan lupa siapin tisue yang banyak ya, sebagian besar bakal menguras emosi dan airmata:

1. The Miracle Worker : Story of Helen Keller (2000)

Quotes

"Although the world is full of suffering, it is also full of the overcoming of it." - Helen Keller

"Children require guidance and sympathy far more than instruction." - Anna Sulivan

Related image
Add caption

Film yang diproduseri oleh Disney ini merupakan biography dari Anna Sulivan dan Helen Keller. Jadi merupakan film yang diangkat dari kisah nyata. Siapa itu Anna Sulivan ? Dan siapakah Helen Keller ? Anna Sulivan merupakan guru sekaligus terapis untuk Helen Keller. Sedangkan Helen Keller merupakan gadis penyandang tuna netra sekaligus tuna rungu.

Keluarga Helen Keller merasa kesulitan untuk mendidik Helen Keller sedangkan Helen Keller sendiri sulit untuk berkomunikasi dan mengutarakan apa yang ia inginkan sehingga Helen kecil tumbuh menjadi anak yang sangat sulit perilakunya bahkan bisa dikatakan liar. Perilakunya sering membahayakan lingkungannya. Orang tuanya saking putus asa bahkan berniat memasukkannya ke RSJ lho. 

Atas rekomendasi dari kerabat, mereka menghubungi suatu sekolah dan meminta guru private untuk Helen. Ms. Sulivan yang merupakan seorang pendidik di sekolah tersebut ditunjuk untuk tinggal dan bekerja di rumah keluarga Keller. Awalnya merasa berat namun Ms.Sulivan akhirnya mau menerima tawaran itu.

Disitulah perjuangan Ms.Sulivan, Helen Keller dan keluarganya dimulai. Dengan ketegasan, cinta kasih serta proses yang tekun akhirnya Helen berhasil melampaui keterbatasannya dan tumbuh menjadi perempuan disabilitas yang hebat.

Salah satu adegan yang paling berkesan bagi saya ketika Ms. Sulivan mengajari Hellen untuk makan dengan rapi dan benar, karena sebelumnya aktivitas makan Hellen sangat tidak manusiawi. Penasaran ingin menonton juga. Bisa dilihat di youtube sudah versi full kok The Miracle Worker atau mau yang download gratisan juga bisa di sini untuk yang versi lawasnya (tahun 1962).

Image result for the miracle helen keller worker quotes
Add caption

Akhirnya Helen Keller dengan bantuan Anna Sullivan berhasil terkenal sebagai penulis buta sekaligus tuli di Amerika. Selain itu Hellen juga aktif dalam aktivis politik, dan dosen.

2. Temple Grandin (2010)

Quotes

“It is never too late to expand the mind of a person on the autism spectrum.” – Temple Grandin

Templegrandin.jpg
Add caption

Film besutan HBO ini merupakan biograhy kehidupan Temple Grandin (Claire Danes). Menceritakan perjuangan seorang anak yang bernama Grandin yang sulit berkomunikasi dan rentan terhadap perilaku mengamuk. Ya..! Grandin didiagnosis menderita autisme. Diceritakan bagaimana ibu Grandin (Ormond) mempekerjakan terapis dan sekaligus turun tangan langsung untuk membantu putrinya berkomunikasi dan berinteraksi sosial.

Saat Grandin remaja ia mengunjungi bibinya (O'Hara) dan bekerja di peternakan milik paman dan bibinya tersebut. Grandin sering mengamati sapi yang dimasukkan ke dalam parasut untuk menenangkan mereka, dan selama serangan kecemasan, Grandin juga menggunakan parasut untuk menenangkan dirinya. 

Terinspirasi oleh gurunya, Dr. Carlock (Strathairn) dalam bidang sains, dia berjuang untuk masuk ke Franklin Pierce College di mana dia berhasil mengembangkan versi awal mesin pemerasan susu sapi. Kampusnya salah menafsirkan penggunaan mesin sebagai tindakan seksual dan memaksanya untuk menghapus penemuannya tersebut.

Sebagai tanggapan, Grandin justru mengembangkan sebuah protokol ilmiah untuk menguji reaksi subyek terhadap mesin yang ia ciptakan, yang membuktikannya sebagai alat terapeutik murni. Grandin lulus dengan gelar di bidang psikologi dan mengejar gelar master dalam ilmu hewan.

-The most important thing people did for
Add caption

Moral dari film ini menggambarkan perjuangan autisme Temple dengan bantuan ibunya sehimgga ia sukses. Mengingat keadaan penelitian autisme yang sampai sekarang belum sempurna, film ini memang belum dapat menjawab banyak pertanyaan dari penonton. Namun  perjuangan serta keberhasilan Temple sebagai penemu sekaligus kemampuan sosialnya yang baik sangat memotivasi.

Buat yang mau download ini link.nya ya Temple Grandin Movie.

3. Miracle from Heaven (2016)

Quotes :
Christy: When Anna got sick, I couldn’t understand it. Why?I felt helpless. Alone, Angry that our prayers weren’t being answered. I lost my faith.
Christy: Albert Einstein said there are only two ways [to see life]: one is as if nothing is a miracle, [the other is as if] everything is a miracle. Miracles are goodness, Stranger. To dear friends who are there for us no matter what, Miracles are love. Miracles are God and God’s forgiveness.
Image result for miracle from heaven
Add caption


Quotes di atas merupakan petikan dialog Christy yang merupakan saudara perempuan Anna. Anna merupakan anak perempuan yang menderita penyakit yang langka dan belum diketahui obatnya. Diangkat dari kisah nyata, film ini benar-benar menguras air mata.
Film yang diangkat dari kisah nyata pasangan dokter hewan di Amerika ini, bercerita tentang perjuangan keluarga demi kesembuhan Anna putri mereka. Dari mulai terus berupaya mencari dokter yang paling hebat, kesulitan ekonomi karena biaya pengobatan Anna yang tidak murah belum lagi penghakiman dari teman-teman keluarga tersebut akan penyakit yang diderita putri mereka. Aduh ! Terkadang lidah manusia memang tajam dan gampang menjudge orang lain tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi.


Image result for miracle from heaven quotes
Add caption

 Sampai pergulatan batin keluarga kecil itu tentang keberadaan Tuhan karena merasa doa dan harapan mereka sia-sia. Sampai akhirnya...? Tonton sendiri ya, biar lebih seru. Ini link downloadnya  Miracle from Heaven .

4. Taare Zameen Par (2007)

Quotes


"There are various diamonds that have been born in this world, who have changed the map of this whole world ... because they were able to see this world from a different angle"

"Putting the weight of your ambitions on the delicate shoulders of your child ... it's worse than child labour "

Image result for quotes taare zameen par
Taare Zameen Par

Sebetulnya film India sering saya skip untuk ditonton namun karena saya memiliki klien dyslexsia maka saya gunakan film ini sebagai media family terapi. Apa itu dyslexia? Bahasannya pernah saya tulis  di sini. 

Nah film yang dibintangi Aamir Khan ini menceritakan bagaimana kesulitan dan perjuangan anak dyslexia dan sikap keluarga serta lingkungannya. 

Salah satu adegan yang menyentuh saat si anak menggambar di notes kecilnya bagaimana ia pelan-pelan merasa dikucilkan oleh keluarganya. 

Image result for quotes taare zameen par

Untuk yang mau menonton bisa download di link ini Taare Zameen Par Movie 

5. Forrest Gump (1994)

Quotes :

Mrs. Gump: What's normal anyways?

Forrest Gump: Mama always said life was like a box of chocolates. You never know what you're gonna get.

Related image
Add caption


Forrest Gump termasuk film favorit saya. Bukan saja karena di sana ada Tom Hanks yang menurut saya walaupun wajah kalah jauh dengan Tom Cruise tapi aktingnya jago banget. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Winston Groom dan berhasil masuk dalam 13 nominasi Academy Awards dan memenangkan 6 piala.

Forrest Gump ini bercerita tentang anak mental retarded dengan IQ hanya 75. Selain IQ yang rendah, Forrest Gump juga memiliki keterbatan fisik. Ibunya membesarkan Forrest Gump kecil dengan penuh perjuangan karena selain memiliki banyak keterbatasan, ia juga sering menjadi korban bully. Karena suatu peristiwa bully tanpa sengaja Forrest Gump memiliki kemampuan untuk berlari namun karena nalarnya yang kurang saat berlaripun ia tidak melihat situasi di sekitarnya. Segala peristiwa penting dalam kehidupan Forrest Gump akhirnya berkaitan dengan hobby berlarinya tersebut.


Image result for forrest gump quotes
Add caption

Moral of story yang bisa diambil dari film ini adalah perasaan dan tindakan yang tulus yang dimiliki oleh seorang dengan keterbatasan IQ. Walaupun sedari kecil lingkungan telah menjahati dan mendiskriminasikannya namun ia tidak pernah letih untuk berbuat baik, bekerja rajin dan memegang janji yang telah diucapkannya. Kalau dalam bahasa Forrest "Miracle happen everyday !"

Buat yang mau nonton, bisa didownload di sini ya : Forrest Gump Movie .

Nah ! Itu tadi resensi film yang menceritakan tentang pencapaian anak dengan kebutuhan khusus. Semoga bisa memberikan motivasi bagi pendamping dan orang tua anak dengan special need serta semua yang telah membaca dan menontonnya.

Setiap anak itu unik. Bukan berarti yang memiliki keterbatasan PASTI akan gagal dalam hidup dan yang normal PASTI akan sukses. Sama sekali TIDAK PASTI ! Banyak kasus di meja kerja saya dimana anak dengan tumbuh kembangnya yang normal ketika dewasa malah menjadi sampah masyarakat seperti penjahat, bandar narkoba, koruptor dan memiliki gangguan perilaku dan mental. Sebaliknya yang memiliki keterbatasan malah dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. 

Pendidikan yang penuh cinta dari orang tua, lingkungan sekitar yang baik dan penuh memberi dukungan serta doa merupakan hak bagi semua anak. Semua punya ruang, semua punya hak yang sama.😍




You May Also Like

0 komentar

Laman