Long Week End Seru ! Meski Tidak Keluar Kota

by - Agustus 30, 2017

Long week end biasanya dinanti oleh banyak orang. Iya dong! Itu artinya libur akhir pekan bertambah banyak. Siapa sih yang tidak suka hari libur? Tapi mungkin ada juga sih orang yang tidak demen dengan bertambahnya tanggal merah. Namun kebanyakan orang biasanya suka moment ini.

Long week end yang biasanya jatuh di hari Jumat atau Senin idealnya dihabiskan dengan pergi ke luar kota. Agar suasana kerja setelah weekend segar kembali. Namun terkadang situasi dan kondisi tidak ideal untuk berpergian. Entah alasan kesehatan, pekerjaan lembur yang mesti diselesaikan, pasangan yang tetap bekerja atau alasan ekonomi alias budget tidak memungkinkan. Meskipun hari libur  tetap di dalam kota, bukan berarti long weekend berakhir dengan mati gaya di rumah. Hari-hari libur akhir pekan tetap dapat dihabiskan dengan seru. 

Saya dan keluarga sering juga menghabiskan long weekend dengan tetap tinggal di dalam kota. Alasannya sih macam-macam. Pernah karena suami mesti on duty (ini yang sering). Atau budget dialokasikan untuk kebutuhan penting yang lain (ini juga sering), alasan kesehatan misalnya anak-anak sedang kurang fit untuk diajak traveling yang jauh (Iya..! Ini kerap terjadi), atau alasan karena ingin santai di rumah tanpa ngapa-ngapain alias cuma makan, tidur, nonton dan membaca, makan lagi, tidur lagi, nonton dan baca lagi, begitu seterusnya. (Hm..! Ini juga kerap terjadi ). Hahaha..berarti semua alasan sering dipakai untuk menghabiskan waktu di dalam kota saat liburan panjang akhir pekan. 

Meski tidak kemana-mana, membuat liburan tetap seru juga tetap wajib dilakukan. Iya dong! Biar saat kembali bekerja dan bersekolah dapat berenergi dan segar lagi. Nah! Simak simple tips-nya yang kerap saya lakukan berikut ini ya :

1. Berpindah akomodasi

Ini akomodasi favorit saat mengajak keluarga. Utamanya sih free karena milik sendiri hehe (dengan catatan  saat tidak ada tamu sedang menginap)

Agar suasana liburan tetap terasa, kami sering menginap di luar rumah. Bila budget memungkinkan, tidak ada salahnya memesan akomodasi berupa hotel, villa, guest house, losmen atau apapun akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Kegiatan booking hotel membuat suasana liburan panjang akhir pekan bertambah seru walaupun hanya di dalam kota saja.

2. Menikmati spot wisata dalam kota 

Seperti sengaja menyewa boat untuk mengelilingi Danau Batur

Saya sengaja memilih kata "menikmati" dan bukan "mengunjungi". Maksudnya saat liburan panjang akhir pekan, kami pergi ke spot wisata di kota tempat tinggal dan tune in dalam aktivitas di dalamnya. Kerap kali saat weekend saya pergi ke tempat wisata hanya untuk mengantar anak dan tidak terlibat pada atraksi atau permainan di dalamnya, maka saat libur akhir pekan, jauh-jauh hari saya dan keluarga merencanakan untuk pergi ke suatu tempat dan ikut bermain atau berenang. Intinya kami terlibat seru-seruan di tempat wisata tersebut. Biasanya kami pilih lokasi yang jauh dari daerah tempat tinggal atau tempat wisata yang belum pernah kami kunjungi. Bahkan kami tetap melakukan survey dengan browsing atau berburu brosur. Aktivitas ini sangat seru sekali !



3. Wisata kuliner

Sengaja hunting gelato yang letaknya di ujung kota.

Pada saat long weekend, terkadang sengaja dapur umum di rumah berhenti operasionalnya. Bukan saja untuk mengatasi kejenuhan rutinitas memasak, atau menyantap masakan rumah namun juga berburu kuliner membuat suasana liburan makin seru. Atau kegiatan sebaliknya yang dipilih. Justru pada saat long weekend, kesempatan mencoba resep masakan baru atau membuat menu masakan komplit yang heboh di luar dari kebiasan menu praktis sehari-hari. Untuk aktivitas yang ditulis belakang tersebut terus terang jarang saya lakukan karena faktor malas hehehe.

4. Act like a turis

Berjemur ala-ala turis ck ck ck 😉


Iya..saya dan keluarga sering melakukan kegiatan bertingkah layaknya turis di negeri orang. Padahal ya masih di Bali juga. Gaya banget ya hihihi. Maksudnya di sini, saya memilih pakaian yang santai seperti mini dress katun, kaus oblong, celana pendek saat ke luar rumah bahkan kadang-kadang juga menjinjing kamera.

Bertempat tinggal di Bali terus terang memudahkan aksi gaya-gayaan ini. Bahkan kami sengaja mencari restaurant ayam goreng cepat saji yang pada hari biasa ogah kami lirik. 

Kenapa justru memasukkan restaurant ini sebagai pilihan saat long weekend? Pertama saat traveling ke luar kota dengan anak-anak, restaurant seperti ini merupakan pilihan utama kami. Alasannya apalagi kalau bukan menunya yang universal alias rasanya bisa diterima oleh selera siapa saja. 

Alasan lainnya, suka atau tidak suka, bagi anak-anak restaurant fast food masih merupakan privillage yang berharga. Jadi saat tahu mereka diperbolehkan makan di restaurant tersebut, senangnya luar biasa.

Boleh makan di restaurant fast food di long week end. Horee!

Itu tadi pengalaman dan tips yang sering saya lakukan saat long weekend dan tidak traveling kemana-mana. Meski tetap di dalam kota namun liburan tetap seru 😊

Sengaja memilih outlet restoran fast food yang letaknya si kawasan wisata. Padahal yang dekat dengan rumah juga ada hihihi.









You May Also Like

2 komentar

  1. Meski tidak keluar kota tetap seru dan menarik ya.
    apakah tiap weekend mesti keluar kota Bun?
    thank dan salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mbak Ina Wahyu :). Tiap weekend gak selalu ke luar kota sih, cukup di rumah baca-baca buku atau main dengan anak-anak udah seneng banget juga rasanya hihi

      Hapus

Laman