Pantai yang Children Friendly di Bali : Part I

by - Agustus 04, 2017

Bali identik dengan pantai. Seakan tahu bahwa kebutuhan tiap orang berbeda pantai-pantai di Bali memiliki dan menawarkan ciri khas dan pesonanya masing-masing. 

Buat yang hobby surfing, pantai di daerah Kuta merupakan favorit para surfer karena ombaknya yang besar. 

Buat yang hobby diving maka laut dan pantai di daerah nusa penida dan Karang asem menjadi tujuan utamanya.

Buat keluarga yang hobby wisata bareng dengan anak-anak yang masih unyu-unyu, Bali juga memiliki pantai andalan lho.


Pantai Sanur saat surut. Lil'A dan Lil'C asyik mencari rumput laut.


Kalau saya pribadi, pantai favorit saat membawa anak-anak atau yang children friendly mesti memiliki daftar berikut ini :

1. Ombak tidak besar. Sebagus apapun pantainya tapi kalau memiliki ombak yang besar apalagi saat pasang was-was juga mengajak Little A dan Little C bermain di sana. Ngeri banget kalau kesapu ombak ke tengah, Hiii...! Amit-amit deh. * Ketok-ketok meja 3 kali 👧😌.

2. Ada tempat makan atau tempat nongkrong yang comfy. Kalau ini sih rata-rata pantai di Bali punya. Namun lebih spesifik lagi yang menunya anak-anak doyan. Biasanya yang terdapat menu pasta, fried atau grill chicken

Habis bermain anak-anak biasanya lapar dan kotor dengan pasir, kalau di tepi pantai banyak terdapat family restoran, jadi mempermudah urusan ibu untuk membersihkan badan mereka. Selain bisa makan bersama, juga bisa nebeng di toilet restoran tersebut. Toiletnya nyaman dan bersih.

Restaurant dengan menu favorit anak-anak banyak dijumpai di Sanur.


3. Ada jogging track atau pedestrian. Ya..ini kan asyik banget kalau bisa menyusuri tepian pantai, di track yang nyaman buat jalan kaki.

Dan..mana saja sih pantai-pantai di Bali yang jadi favorit saya karena memenuhi kriteria di atas alias pantai yang children friendly di Bali? Ini dia :

Pantai Sanur

Sebetulnya Sanur memiliki banyak pantai. Kalau di runut dari selatan pantai-pantai tersebut adalah berikut ini :

  1. Pantai Merta Sari Sanur.
  2. Pantai Semawang Sanur.
  3. Pantai Batu Jimbar Sanur.
  4. Pantai Karang Sanur.
  5. Pantai Segara Ayu Sanur.
  6. Pantai Sindhu Sanur.
  7. Pantai Matahari Terbit Sanur
Walaupun ada 7 nama pantai tapi orang-orang sih sering menyebutnya secara general dengan Pantai Sanur. 

Nah..pantai-pantai di Sanur terkenal dengan ombaknya yang tidak besar, dengan air laut yang cenderung dangkal. Pasirnya berwarna putih dan halus merupakan media yang cocok bagi anak-anak untuk membuat sand building.

Di tepi pantai banyak dibangun gazebo-gazebo yang bisa diduduki secara gratis. Selain itu joging track yang panjang merupakan nilai lebih pantai ini. 

Siap-siap menahan godaan ketika joging di kawasan pantai Sanur. Karena di kiri kanan terdapat penjual gelato yang rata-rata rasanya creamy banget. Belum godaan dari aroma meat grill atau jagung bakar yang banyak di jajakan di kawasan pantai ini.


Salah satu stand gelato favorit di Pantai Sanur


Di kawasan Pantai Sanur juga banyak terdapat family restauran dengan menu yang children friendly. 

Selain itu apabila ingin merasakan sarapan nasi campur ayam khas Bali "Men Wati" yang terkenal di kalangan masyarakat Bali, kalian datang aja di kawasan Pantai Segara Ayu. Jangan kesiangan ya datangnya, sebab pukul 10 pagi, nasi campur ini biasanya sudah ludes terjual.

Image result for NASI AYAM men weti
Penampakan Nasi Ayam 'Men Wati"
Image result for NASI AYAM men weti
Antriannya mengular! Jangan kesiangan ya.

Berikut denah buat hunting nasi ayam "Men Wati"tersebut ya :




Di Sanur juga terdapat aktivitas sea walker dan penyewaan kano. Seawalker yang juga terkenal dengan sebutan marine ocean walk, termasuk salah satu aktivitas air di Bali. 

Untuk dapat mengikuti aktivitas seawalker di Sanur, kalian tidak perlu memiliki pengalaman menyelam, jika kalian tidak bisa berenang juga tidak menjadi masalah.

Aktivitas seawalker menggunakan helm kedap air dan akan menyelam di kedalaman 6 meter. Aktivitas seawalker di Sanur masih termasuk kategori mahal karena harga seawalker di Sanur per orang Rp 625.000. Dengan harga Rp 625.000 / orang, kalian akan mendapatkan fasilitas antar jemput dan makan siang.



Kawasan Pantai Sanur sore hari.
Bagi yang ingin aktivitas air namun sayang merogoh kocek dalam-dalam, juga bisa menyewa kano di kawasan Pantai Sanur. 
Tipe ombak di Pantai Sanur memecah di tengah lautan, yang menyebabkan air laut di pantai ini sangat tenang. Air laut yang tenang membuat bermain kano di Pantai Sanur cukup aman untuk dilakukan. 
Selain itu sudah terdapat batas laut yang tidak boleh dilewati saat berkano, yang ditandai dengan bendera serta bola terapung, yang apabila dilewati kemungkinan terseret ombak lebih besar. 
Kano dapat disewa di tempat penyewaan kano yang banyak terdapat di sekitar pantai Sanur  (diantaranya di depan Museum Le Mayeur serta dekat hotel Inna Grand Bali Beach). 
Untuk menyewa kano hanya perlu membayar Rp. 10.000 - 15.000/jam serta kartu identitas. Murah kan ? Selain murah juga tidak kalah mengasyikan. 

Pantai Nusa Dua

Pantai di kawasan Nusa Dua ini juga merupakan favorit saya dan saya anggap sebagai pantai yang children friendly di Bali. Selain bisa diakses dengan kendaraan pribadi, juga bisa dengan kendaraan umum yaitu Trans Sarbagita. 
Terletak di kawasan elit komplek hotel berbintang mejadikan kawasan pantai di Nusa Dua terjaga kebersihannya. 
Sama dengan di Sanur, pantai di Nusa Dua bukan hanya satu namun terdapat beberapa pantai dengan nama yang berbeda. Yaitu :


Lil' A seru bermain ombak di Pantai Nusa Dua


1. Pantai Nusa Dua

Pantai ini terletak di dekat Bali Collection, yaitu kawasan berbelanja di Nusa Dua. 
Ombak pantai ini begitu tenang dengan garis pantai yang panjang. Suasananya juga cukup teduh, karena dipenuhi pepohonan rindang. Sekedar duduk-duduk menikmati sepoi angin di pantai ini juga begitu menenangkan. 


Bali Collection : Mall di dekat kawasan pantai.

Duluuu...sebelum kawasan pantai ini dipenuhi dengan resto-resto, saya dan teman-teman sering mengadakan piknik di tepi pantai yang berombak tenang tersebut. Namun sayang, belakangan kawasan tersebut sudah rapat dipenuhi dengan restaurant sehingga acara piknik tidak mungkin dilakukan kembali di kawasan pantai tersebut. 
Sehingga kalau ingin menikmati pantai sambil makan-makan, mau tidak mau harus masuk dan membeli makanan disalah satu restaurant yang ada. 


Lapangan rumput banyak dijumpai di kawasan Pantai Nusa Dua

2. Pantai Geger


Masih di kawasan yang sama letak Pantai Geger tidak jauh dari Pantai Nusa Dua. Pantai ini sejak lama menjadi pantai favorit turis lokal. Ombaknya tenang sehingga cocok untuk anak-anak berenang. Lokasi pantai ini dekat dengan Hotel Nikko Bali.

Garis pantainya lumayan panjang dan berpasir putih. Di tepian banyak pohon rindang. Di ujung pantai terdapat pulau karang yang kecil. 

Berjalan-jalan di pulau tersebut menjadi keasyikan tersendiri. Sering saya dan keluarga membawa bola untuk sekedar bermain di area Pantai Geger tersebut. 

Asyik bermain pasir di kawasan Pantai Geger 


Sebetulnya masih terdapat Pantai Water Blow di dalam kawasan Pantai Nusa Dua yang letaknya tepat di belakang Hotel Grand Hyatt. 

Namun karena letaknya yang dekat dengan tebing tidak menjadikan Pantai Water Blow masuk dalam daftar pantai yang children friendly versi saya. 

Bagi yang ingin memuaskan hobby berfoto maka pantai ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi tujuan. 

Letaknya yang tepat berada di celah besar yang menyempit, membuat ombak menubruk dan terhempas ke atas. Jadi seakan-akan ombak menyemprot dan menari ke udara. Ombak yang besar menghasilkan terpaan ombak yang tinggi menjulang.

Akibatnya, pengunjung yang di tepian tebing pun siap-siap basah terkena "tarian" ombak. Kalau dari kejauhan, ombak tampak bagai buih kipas berwarna putih. Sangat bagus untuk dijadikan background foto.

Ulasan pantai  children friendly yang lain akan saya tulis di postingan berikutnya. Ditunggu ya...😊






Mom and Lil' Ç di kawasan Pantai Nusa Dua. 











You May Also Like

0 komentar

Laman